Thursday, October 09, 2008

E-Paper Kompas

Mau baca koran Kompas tanpa harus membeli korannya lagi, apalagi secara online?. Caranya mudah sekali, coba saja buka di http://epaper.kompas.com/. Akan ditampilkan dalam beberapa menit koran yang terbit hari ini juga, akan selalu update.

Saya baru saja iseng membuka halaman www.kompas.com. Lalu kan biasanya ada link langsung untuk dapat membaca isi koran secara online. Cuman kok sudah banyak berubah, lalu membaca tulisan epaper. Saya mencoba untuk klik, lalu tak lama muncul gambar yang mirip dengan tampilan koran yang di cetak. Inilah bentuk kemajuan dalam bidang teknologi komunikasi khususnya untuk koran. Koran menjadi tidak harus dibeli, tapi sekarang bisa dibaca secara online.

Saya coba liat tanggal terbitannya, ternyata up to date. Lalu mencicipi beberapa toolsnya, lalu coba baca beberapa artikel dengan cara menklik berita yang ingin dibaca, nanti akan zoom in secara otomatis dan kita bisa membacanya. Bila ingin melihat halaman selanjutnya bisa klik tanda panah di sebalah kanan untuk halaman selanjutnya atau untuk kembali ke halaman sebelumnya klik tanda panah di sebelah kiri. Setelah di zoom in tulisannya dapat membaca secara jelas, bisa di drag untuk dapat membaca artikel-artikel lainnya yang berada dalam satu halaman. Enak sekali, jadi sekarang tidak perlu lagi untuk membeli, apalagi Saya sekarang perlu untuk melihat info lowongan pekerjaan, tinggal online aja langsung deh bisa membaca koran kompas yang terbit hari ini.

Pada tools back issues, kita dapat juga membaca koran yang sudah terbit sebelumnya, jadi kita tetap bisa membaca koran yang belum kita lihat pada tanggal-tanggal tertentu.

Semoga terbantu yah, dan bisa tetap membaca koran Kompas walau tidak berada di Indonesia, atau tidak mau membeli bahkan langganan, inilah kemajuan bidang teknologi.

1 comment:

kikils said...

membaca epaper lebih enak daripada membaca versi cetaknya