Monday, November 14, 2005

Tawar Menawar

Atas permintaan salah satu teman blog untuk menceritakan kisah tawar menawar saat gw membeli memori kemaren, maka inilah postingan gw ttg tawar menawar itu, mudah2 not too late yah. Sebelumnya gw mau meralat sedikit ternyata pas gw ngelihat lagi BON-nya ternyata harga jadinya bukan $107 tapi $117.

Saat kemaren gw mau membeli memori, gw ngecek harga dulu sebelum membeli lewat telf atau bisa langsung datang ke tokonya hanya untuk nanya harga (belum untuk beli barang). Setelah menelfon, Gw jadi tahu kalo harga memori dgn kapasitas 512 MB itu kurang lebih $140. Setelah beberapa hari, gw telf nanya lagi harga (kali akan turun atau bahkan naik) dan saya dapatkan harga sudah turun menjadi kurang lebih $130 dan kata orang tokonya bisa $120. Hah, gw kaget kok harganya turun lagi, wah ada kemungkinan bisa turun lagi nih. Setelah udah tahu harga untuk kedua kalinya, saya memutuskan membeli barang itu besok hari.

Esok harinya gw pergi ke tokonya untuk beli dan sebelumnya nanya harga lagi berapa ( padahal mereka udah tahu aku udah telf2, hehehehe coba aja kali bisa lebih murah). Lalu orang tokonya nanya balik „ oh yang kemaren telf, yah“ lalu gw jawab „iya“ trus orangnya bilang lagi ? kemaren dikasih harga berapa ? „gw langsung bilang „$120“. Trus orangnya langsung diskusiin ama BOSnya dan enggak lama dia bilang ma gw bisa. Enggak lama gw bilang lagi „Bisa kurang atau pas aja $100“ (gw iseng aja nanya, kali aja bisa lebih murah lagi...hehehe Gila yah). Orang tokonya langsung diskus lagi ma BOS dan bilang sekitar $117. Eh ternyata bisa kurang khan ;-P. Lalu gw pasang trik lagi „udahlah jadi $100 aja“ hehehe udah dapat harga murah malah minta lebih murah lagi, yah nyoba aja kali bisa. Dan orangnya bilang udah gak bisa lagi dan ini aja udah murah banget sangat jauh dari harga sebenarnya. Karena gw merasa udahlah yah, udah pasti enggak akan rugi dengan harga segitu murah sangat murah dan udah hebat bisa nawar sebanyak itu, lalu gw memutuskan „OK, I get it“.

Nah gitu deh yah kira2 ceritanya gw nawar2 harga memori, gw sendiri enggak nyangka bisa nawar harga sampai lebih dari $ 20an padahal biasanya klo nawar itu bisa cuman berkurang $ 5-$ 10.

5 comments:

Saptomo said...

ohh...jadi begitu yaa??
jadi triknya adalah telfon langsung dulu ke tokonya bbrp hari sebelumnya utk tau kisaran harga (plus fluktuasinya) trus baru datengin.
oooohhh...
iya, soalnya saya tuh suka males nawar. btw, emang udah langganan di situ ato pelanggan baru? barangkali klo udah langganan khan biasanya si penjual lebih 'loosen'...
ok, thx ya mbak mala :-)

Mala FDM said...

enggak dulu itu tempat gw beli laptop disana, enggak langganan, orang klo kesana itu jarang bahkan klo mau perlu aja kesana jadi mereka enggak pada kenal gw..tapi mungkin karena beli disana kali yah tapi gw gak tahu.
Pokoknya pintar2 kita aja pasti bisa dapat harga yang lumayan...
nanti klo jaid eli laptop kasih tahu gw dapat harga berapa? ok!!
Sama2 yah Saptomo...

Mala FDM said...

di Mall Mangga Dua

Anonymous said...

Hih.. ini pake ngeboong! Ga sesuai syariah tuch huehehehehe... kayak gw ga pernah aja kayak begitu :P.

Hm... asik ya sekarang laptopnya cepet :)

Mala FDM said...

Gak ada salahnya menawar harga barang..asal jangan sampe bikin rugi penjual..
Iya sekarang laptopnya jadi cepet banget, enak banget deh, apalagi klo main game sekarang...