Monday, April 24, 2006

Buku Catatan Kuliah

Ini sebuah kisah yang mudah2 bisa di ambil manfaatnya bagi teman2 yang masih kuliah ataupun yang masih duduk di bangku sekolahan atau buat koleksi pribadi dan gw hanya sekedar berbagi pengalaman pribadi saja...

Beberapa minggu yang lalu, gw dikirimin SMS sama teman kampus yang dia baru saja lulus jadi CPNS sebgai dosen sebuah Uni di Cilegon.

Kira2 begini isi pesannya: „Mal, masih punya buku2 kuliah gak? Boleh gak gw pinjem buat persiapan ngajar, soalnya buku2 gw udah pada hilang2...“

Lalu gw langsung balas, yah boleh2 aja. Kapan mau ke Jakarta soalnya gw lagi di tempat kakak gw, jadi klo mau pulang harus kasih kabar biar bisa pulang dulu, dan beres buku2 gw dan temen gw setuju akan kasih kabar. Gw sama sekali tidak keberatan untuk meminjamkan buku2 itu, dan amat sangat senang sekali bisa berbagi ilmu yang gw dapat melalui buku catatan gw. Bukan jadi masalah juga sama gw klo dia udah kehilangan buku2nya. Gw tidak tahu bukunya masih lengkap atau sudah tidak ada sebagian, seinget ketika itu yah masih ada....jadi yah musti bongkar2 dan dengan syarat sama temen gw, harus menjaga buku itu baik2, jangan sampai ada yang hilang dan bahkan robek, karena gw merasa buku catatan itu adalah harta yang paling berharga banget dan suatu saat gw butuh buku2 itu juga. Untungnya temen gw bisa memahami dan mengerti itu semua...;)

Ketika gw bongkar2 lemari buku2 gw, dan gw memulai mencari bermacam2 buku catatan yang diperlukan oleh temen gw buat bahan ngajarnya. Gw sangat terkaget pas ngelihat judul buku2 mata kuliahbegitu lengkapnya dan begitu rapihnya gw menyimpan dan menata buku2 catatan, sesuatu yang sungguh tak tersadarkan oleh gw, yang gw pikir dulu gw pernah lupa nyimpen buku2 itu dan tidak semua buku kuliah gw simpan dengan baik, paling diktat atau buku2 penunjang saja yang gw rawat. Gw buka2 bukunya, gw lihat ternyata buku2 gw dari semester 1 masih tersimpan rapih olehku, sampai buku2 semester akhir gw kuliah. Buku mata kuliah tidak wajibpun masih ada lhoo..sedikit merasa bengong dan merasa seneng juga, ternyata gw masih menyimpan semuanya.

Lalu ketika gw bongkar berkas2 handout dari dosen, lagi2 gw terkaget2, hah, ternyata gw masih punya dan ngumpulin semua, dan sungguh sangat lengkap, sampai soal2 ujian aja masih di simpen..huehehe, sampai hasil ujian masih gw simpen...memang gw nyimpen hasil ujian gw yang nilainya tidak pernah terlupakan, dan dikerjakan penuh kerja keras alias nilai2 bagus atau nilai2 100 :P... Semua deh catetan masih lengkpa dan tersimpan dnegan sangat rapih oleh ku, padahal ketika selesai dengan urusan skripsi, gw pernah bongkar2 dan membakar sebagian, dan gak pakai seleksi buku2 segala, pokoknya buang aja gitu..tapi ternyata...

Ketika ngebongkar2 gitu, kebetulan lagi ada kakak gw yang masuk kamar dan ngelihat sibunya gw bongkar2. Lalu kakak gw bilang wah ternyata kamu lengkap jg yah buku2nya, calon dosen bisa nih...hihihi..Amin..*Berharap sih tapi gak begitu banget, gimana rezeki aja*. Trus ketika gw lagi ngelihat isi buku2 catetan, ada mbaknya kakak gw ngelihat gitu, duh, tulisannya bagus dan rapih yah..hehehe lagi2 gw tersipu2 malu sedikit bangga juga sih...gw bilang aja ahh gitu ah...padahal sih seneng tuh...;P

Setelah itu gw merasa seneng buanget, ternyata gw masih menyimpen buku2 catetan kuliah, lengkap dan begitu rapih. Memang ketika kuliah udah berencana untuk menyimpan sebagian buku2 khusus saja hanya buku2 keprofesian, diktat profesi, handout yang disesuaikan mata kuliahnya masing2. Ternyata tak disangka dan tak tersadarkan, semua buku2 juga tersimpan olehku sangat rapih.. Selain itu juga terasa kegiatan yang tidak tersadarkan oleh gw itu ada manfaatnya juga yah… Buku2 yang dapat dipinjam temen gw sebanyak 21 buku ( ada beberapa buku jadi satu beberapa mata kuliah karena saling berkaitan), lengkap semua…dari yang mata kuliah dasar2, sampai mata kuliah terpenting + handoutnya..

Itulah cerita buku2 kuliahku, mudah2an pengalaman ini ada manfaatnya dan dapat menjadi inspirasi teman2 yang masih kuliah untuk mulai menyimpan buku2nya mulai detik ini, karena kita enggak tahu klo suatu saat nanti pasti membutuhkan….tidak ada salahnya toh, memulainya dari sekarang!!

1 comment:

Unknown said...

Buku2 kuliahku juga tadinya tersimpan rapi tapi pas renovasi rumah (waktu itu aku dah kerja di jkt), kan banyak tuh kardus2 barang bekas yang emang gak kepake lagi. Nah gak sengaja kardusnya ikut terbuang bersama kardus2 lain. Jadi ilang deh semuanya.