Thursday, March 09, 2006

Kompleks Terbatas dan Tertutup

Pengalaman tinggal di Gatot Subroto (Gatsu) bagi gw bisa dibilang enak, soalnya rumahnya aman, enak, gak berisik, gak rame banget. tetapi bisa juga enggak enak pasalnya lingkungan yang sangat2 tertutup serta terbatas karena komplek pejabat Angkatan Darat, sepi, tidak sembarangan orang bisa masuk kompleks yang dijaga super ketat, tidak ada tukang jualan berani masuk untuk yang menjajakan jualannya, agak sulit nyari anak2 seumuran gw yang bisa diajak main tidak seperti waktu di Bandung yang kompleks tentara juga..beda deh beda jauh banget situasinya....


Karena gw bungsu dan bokap maunya gw selalu ikut dengan Beliau terpaksalah gw ngikutin, padahal gw lebih seneng tinggal di Bandung dengan kakak2 gw, setidaknya ada temennya disana, dibanding di Jakarta yang tidak jelas ada temennya. Gw dan anak2 pejabat2 itu kebanyakan lebih memilih bermain di dalem rumah saja yang udah lebih enak dari pada main di luar dengan sesama anak2 sekompleks (jangan samakan seperti kompleks tentara biasa yah..pokoknya beda deh situasinya).


Rutinitas gw setiap hari waktu dulu yah seperti biasa pagi sekolah, pulang sekolah di rumah, klo ada les lanjut pergi les dianterin mobil, klo gak yah main di rumah, trus klo mau main harus ke Mall klo di kompleks sepi banget, bisa di bilang tidak ada anak2 mainan. Jadi gw itu keluar rumah hanya untuk sekolah, pergi ke Mall, jalan2 sama bokap dan nyokap klo ada waktu luang, atau sama kakak2 gw klo lagi liburan dan selebihnya di dalam rumah aja, bosen, bete dan sendirian. Yang paling enggak enak itu adalah klo bokap dan nyokap gw tugas keluar kota buat beberapa hari, gw musti tinggal di rumah sendirian, tinggal sama yang jagain rumah, dan supir aja, hiks deh..yah paling gw mainan SEGA jaman itu sendirian di rumah, hiks...


Kebetulan banget tidak lama setelah gw tinggal di Gatsu itu gw menemukan temen yang bisa di ajak main yang kebetulan bokapnya temen gw itu seangkatan ama bokap gw. Dengan dia lah gw bermain di komplek baik di rumah dia maupun ke rumah gw, atau keluar dengan sepeda ke kompleks Menteri yang dekat daerah situ, atau ke daerah grand kuningan yang dulu merupakan tempat2 yang asyik buat naik sepeda sore2, klo sekarang udah sumuk karena banyaknya gedung pencakar langit, sudah tidak alami lagi suasananya.


Ada juga anaknya Bapak Kepala Staff AD (Kasad) sih, cuman karena anak pimpinan, gw sendiri agak segan main sama dia, soalnya dia juga terlalu sok jadi anak Kasad, jadi agak belagu gitu deh.. Ada juga anak Asisten, nah klo anak ini lebih bisa lah diajak main, enggak seperti anak Kasad tadi, walaupun dengan anak asisten tetap ada jarak antara gw dan anak asisten itu. Biasa status tingkatan ortu masing2, padahal sesama anak2 mah sama dong. Sehingga tinggal di kompleks itu bener2 harus perhatikan tingkatan ortu, gak bisa sembarangan deh. Pernah trauma juga ngeladenin anak asisten yang sok, trus Ibunya anak itu ngaduin gw ke nyokap gw, padahal gw gak bikin ulah, mau anak asisten itu sendiri kok, gw kena marah...jadilah gw males main2 lagi keluar...


Jadi kira2 begitulah tinggal di lingkungan terbatas dan tertutup...gak enak banget deh..

5 comments:

Unknown said...

Emang gak enak tinggal di komplek yang orang2nya masih membeda2kan status seperti itu.

Anonymous said...

tapi sekarang kan enakan..ada internet, nge blog... kenalan didunia maya...
hmm
emang tinggal dikomplek sebenernya nggak enak ya... rumah gw di Padang juga dikomplek..dan tetangga nya pada busybody gitu... bikin males keluar deh pokoknya..enakan kaya nilondo kali ya.. di apartment..nggak ada yg ngerecokin hidup kita..aduhhh pengen deh hidup kaya' gitu....tanpa pusing sama tetangga...
thanks yah 'happy bday' nya..'
~R~

Mala FDM said...

Nilondo:Aku tinggal disana waktu aku kelas 6 SD sampai kelas 2 SMP, setelah itu kami pindsah ke rumah di Jatibening yang lingkungan lebih bisa bersosialisasi cuman efek setelah tinggal di Gatsu masih ada. Dulu aku pernah juga tinggal di Jatibening saat umur 5 tahun lalu kami pindah semua ke Bandung selama 6 tahun.
Wah bagus deh bisa juga di aktivasikan...

Tanty : Iya pokoknya saat itu lingkungan yang sangat terbatas...;)

Rahma: Yah enak dong, orang sekarang udah tinggal di rumah pribadi di Bekasi udah hampir 8 tahun di sini dan lebih bebas bisa internetan pula...;)

Anonymous said...

Loe anak gatsu ya? Jd inget pernah nemenin temen wakuncar ke situ. Blom ketemu bokapnya (yg katanya sih sangar) cewe yg lagi mo dikencanin, eh.. udah kena wawancara ama petugas portal. Udah gitu wawancaranya kaku pula. Kan tengsin temen gw bilang keperluan mo ke komplek mo pacaran. Akhirnya gw jawab aja "mo jemput cewenya temen saya krn kita mo pergi nonton. Klo bpk nanyanya kelamaan, ntar bioskopnya keburu tutup". Ehh... gak ada senyum2nya pula. Hahahahhaa... dasar tentara.

Mala FDM said...

Amellie: emang lebih enakan main sama anak kampung, bisa main permainan yang aneh dan tidak mikir lagi...

Ricorea: Hahahahaha kasian deh, belum masuk aja udah merinding duluan di tanyain sama petugas portal....Gw mantan penghuni tahun 1994... anaknya siapa pacar temen loe?...