Friday, May 19, 2006

Sarung Bergenerasi

Kita sering mendengar klo kakaknya nanti sudah besar dan punya adik, barang yang sudah tidak bisa digukan oleh kakaknya akan diturukan kembali oleh adiknya. Biasanya hal ini sering terjadi ketika keperluaan sekolah seperti buku pelajar. Tapi tidak hanya buku pelajaran saja yang bisa turun menurun kan, salah satunya adalah sarung…lho kok sarung, tapi unik juga toh..lain dari pada yang lain. Agak jarang menemukan masih nyimpe sarung ukuran anak2 bertahun2 sampai turun menurun dan bukan sekedar dari kakak ke adik saja, tapi bisa ke sepupu, trus turun ke anak, ke cucu juga.

Ini dia sarungnya, gambarnya di ambil dari kamera hp gw yang kualitas agak kurang

Kisah begini, jadi sarung ini dulu pertama kali di beli nyokap gw untuk kakak gw yg akan digunakan untuk shalat. Setiap shalat, atau ngaji pasti menggunakan sarung ini, lalu kakak gw sudah besar tentunya sarungnya harus ganti ukuran yang besar, sehingga sarung ukuran kecil ini disimpan buat gw (kebetulan udah ada gw). Ketika waktunya gw dapat menggunakan sarung itu, gw menggunakan sarung itu untuk shalat juga dan ketika gw harus ganti sarung ukuran lebih besar, maka sarung iut harus ganti. Nah gw sama sekali tidak ingat lagi ketika sarung itu sudah tidak gw gunakan lagi, yah paling udah di buang, karena udah lama, walaupun belum sama sekali rusak dan robek2, masih kelihatan bagus atau mikirnya di simpen nyokap atau ngasih ke saudara yang punya anak kecil.

Beberapa bulan yang lalu, gw melihat sarung itu lagi, sungguh kaget dan terkagum2 karena udah lama sekali tidak melihat (ada 10 tahunan) dan gw gak tahu sarung itu ada dimana, bahkan mikirnya paling udah hilang dan rusak. Gw melihat sarung itu lagi di rumah tante gw yang digunakan oleh anaknya. Wah gw terkagum2 gitu ngelihatnya, bayangkan aja umur sarung itu mungkin sudah 27 tahunan, masih ada dan masih bagus pula kondisinya. Trus kemaren ketika kakak gw dan gw membesuk Nenek, kakak gw juga terkaget2 liat sarung itu. Dia bilang ini sarung Uni dulu, lhoo masih ada dan masih bagus yah, sambil bilang sama tanteku. Lalu tanteku bilang udah ambil aja buat anaknya, kan udah bisa menggunakan, tapi kakak gw gak mau ambil, karena masih terpakai sama anaknya. Nah, gw sampai malem masih di tempat tante, trus kok risih pakai jeans lama2, ya sudah kuganti saja dgn sarung itu, kan mirip rok. Eh pas pulang gw males ganti jeans, yah udah pakai sarung ajalah pulangnya udah jam 2 malam pula...

Besoknya kakak gw ngelihat sarung itu udah ada di kamarku, gw kasih tahu gw pakai tadi malam dan akan dikembalikan klo mampir lagi. Usut punya usut ternyata tuh sarung udah kepakai ke beberapa orang saudara sepupu, terakhir dipakai oleh anak tante. Kondisi Sarung masih bagus, warnya juga tidak terlalu kusam, belum ada yang robek, atau bolong, pokoknya kondisinya masih layak pakai dan masih bisa diturunkan ke anak gw kayaknya yah..;P. Sekarang sarung itu masih ada di gw, belum gw kembaliin, akankah gw menyimpanya lagi?..inginnya seperti itu, tapi bilang dulu ahh sama tanteku dulu...Mudah2 boleh, seneng deh klo bisa diturunkan ke anak gw...;)

2 comments:

Unknown said...

Unik juga kisahnya. Aku malah kagum ama yang bikin sarung itu. Udah puluhan tahun masih bagus kondisinya. Bener2 kualitas tinggi produk nya, hehe.

Unknown said...

Met wiken Mala. BTW, shoutbox nya kok ilang seh ? Jadi gak bisa chit chat nih.