Friday, November 11, 2005

Upgrade, dan Recovery

Akhirnya hari ini aku bisa keluar rumah juga, setelah abis lebaran tinggal dirumah. Keluar rumah juga gw juga ada perlunya, mau upgrade memory komputer gw. Sudah lebih dari setahun kali gw menahan2 untuk upgrade, dan baru sekarang ini kesampaian, karena budgetnya sudah mencukupi, yah kira2 uang angpaw gw lebarang ludes semua ;-), tapi enggak apalah yah demi laptop dan kecepatannya apa sieh yang enggak :-P. Memori RAM yang saya beli berkapasitas sekita 512 mb dan harganya cukup mahal sekali, tapi dari hasil menawar-nawar akhirnya gw dapat harga lumayan murah, bayangkan dari $ 130 jadi $107..hehehe pinter juga gw yah nawar, padahal klo biasanya gw paling males nawar2, tapi kok hari ini gw beruntung banget yah ( dasar padang!!..hehehe). Sebenarnya gw pengen nambah jadi 1 G, cuman harganya 2X lipat harga memori 512 mb jadi lah memutuskan 512 mb aja soalnya pas dihitung2 lagi ditambah dengan memori yang ada bisa sekitar 768 mb, wah udah cepet banget pas di test di sana, gimana klo 1G wah pasti lebih ok lagi, enggak kebayang ma gw..

Kebetulan juga pas lg dipasangin memori gw yang baru, gw sambil ngobrol2 sama tukang kompienya dan nanya ttg hal yang masih bikin penasaran gw. "kenapa laptop gw gak bisa di partisi? dan selalu kalo recovery harus hilang semua datanya?. Setelah ngobrol2 itu gw dapat info baru yang udah bisa menjawab rasa penasaran gw selama setahun (gilee, lama bener penasarannya..hihihi). Tapi gw seneng banget dapat info itu jadi gw gak perlu buru2 backup ke cd lagi, pokoknya lebih tenang. Langsung tuh tukangnya bantu2in partisiin laptp gw dengan software Partision Magic, dan udah deh terpartisi. seneng banget gw akhirnya..oh akhirnya. ;-).
Dan tugas gw selanjutnya di rumah adalah recovery laptop gw, karena udah dikasih tahu cara recovery dengan kondisi sudah di partisi. Sampe rumah masih penasaran dengan partisi itu bisa jalan apa enggak, gw langsung ngidupin laptop gw lalu back ke cd dulu datanya baru recovery.
Setelah recovery berhasil, data yang dipartisi juga selamat, eh gw salah install program DivX yg error, terpaksalah gw mengulang recovery lagi dari awal sampai install Norton A Virus. Adakali sekitar 1-2 jaman..ehmm bete banget pas tahu harus ngulang. Sekarang ini gw sambil mengupdate live update Virus Definition, dan Yahoo Messenger sekalian ngepost aja dari pada bengong...hihihihi ;-p. Masih banyak program yang belum gw install, dan kayaknya akan dilanjutkan besok malam aja, soalnya sekarang aja udah hampir jam 12 malam, mau dilanjutkan besok pagi mau pergi pagi2 jadi besok aja dilanjutkan lagi. Ini dia beberapa program yang wajib gw install besok :
  • Adobe Acrobat
  • Adobe Photoshop CS2
  • Adobe IllustratorCS2
  • Adobe Premiere PRO
  • Macromedia Flash MX
  • Ipod + Itunes
  • Roxio
  • Omnipage (OCR software)
  • RealPlayer
  • Win RAR
  • Drivernya Printer dan Scanner
  • Game Empire Earth dan program2 lainnya...

Banyak banget yah..itu semua program wajib jadi musti install, kemungkinan baru kelar hari minggu...banyak bener. Ok kayaknya downloadnya udah hampir selesai..udah dulu yah ceritanya..;-)

8 comments:

Saptomo said...

hummm...
hebad sich...ko bisa nawar ampe $20 gitu? beli di mana memorinya? soalnya saya jg lagi pengen beli laptop nich...

Mala FDM said...

ni londo: Partisi adalah membagi hardisk kita menjadi beberapa bagian, bisa dibagi dua atau lebih.Kalo sudah dipartisi,misalnya drive C: itu buat software2 kita windows, dan kronco2nya disitu dan drive yang telah dipartisi bisa buat document kita, jadi kalo windows kita crash tinggal install drive C: aja document kita enggak bakalan hilang..
Veer Zaara itu film apa? ttg apa? baru denger nih...

saptomo: Enggak tahu juga, biasanya khan klo nawar gitu paling kutangnya enggak lebih dati 5-10 dollar tapi ini bisa lebih..hehe mungkin bakat nawar udah mulai keluar..:-)
di Mangga Dua di Shop Toshiba cabangnya ada juga di Ratu Plaza lt.3

Mala FDM said...

ni Londo: Dalam kondisi ada virus, ada error, ada sesuatu yang tidak sengaja di delete ama kita yang bikin crash atau seperti kejadian saya dulu waktu nyusun skripsi seperti hardisknya crash dengan program X (yg saya enggak tahu apa?) menyebabkan windowsnya gak bisa jalan lagi dan musti reinstall.
Gak selalu dari game, bisa dari Internet, dari floppy disk orang yang masuk kompie kita (ini kecil kemungkinan), yang kemungkinan terbesar itu bisa dari intenet itu dgn virus, makannya banyak orang menggunakan anti virus, spyware, usw.. untuk menangkal itu semua...supaya enggak terjadi crash sama drive kita..
BTW kamu pake anti virus enggak?
kamu khan online truss, parah juga lho kalo enggak diamankan dgn Anti virus..kemungkinannya bisa menyebabkan crash..
Gimana ato saya kirim email aja biar bisa menjelaskan detailnya?

Mala FDM said...

Iya dari anti virus itu udah ada tools buat chatting, buat email yang masuk, jadi kalomau cahtting udah aman karena udah di scan lwt antivirus itu..kalo ada virus langsung ada alertnya jadi kita bisa tahu ada virus apa enggak. Download program juga bisa aman dengan antivirus itu juga, saya sering download dan aman2 aja..karena sering di scan dan pasang spyware untuk lihat ada yg jahil apa enggak, dan kalo ada bisa langsung di delete...

Mala FDM said...

ini saya lagi iseng ganti theme firefox, bagus2deh.
Jangan takut ama virus, spyware, usw, usw, selama kita menggunakan antivirus jadi mau apa aja bisa karena kalo ada nanti ada alertnya, dan minimal 1 bulan sekali di scan kompienya dan di defrag buat merapihkan hardisk kita...
Antivir itu agak baru yah, ada juga AVG yg gratis, dan lebih bagus lagi hampir sama dgn Norton..

Saptomo said...

hummm...shop toshiba...
will remember that in mind!
anyway...
ceritain donk proses tawar-menawarnya ampe bisa segitu ketawarnya. saya jg salah satu tipe orang yg males nawar heheheheh...

and uh...pretty zinta??? omg, i want it!!! she's cute!!!

Mala FDM said...

Saptomo: ok deh mungkin di publish senin deh yah, gw belum selesai install all my program..mudah2 nanti bisa ngepost cerita ttg tawar menawar deh yah...Not tooo late khan?
Shop Toshiba itu ada beberapa , pokoknya klo di mangga dua lt.2 di deket toko2 CD dan klo di Ratu Plaza deket Apple Center...(hapal bener gw tempat2nya ;-)).
Amalia: gw jarang pake kazza sih, males, pasti downloadnya lama bener bisa 2 jam, maklum dial up seh...:-)
Boleh2 bantu nawar, tapi gw musti tahu harga dulu jadi bisa kira2 nawarnya...

Mala FDM said...

Agusset: Memang sesudah di dipartisi enggak perlu di install ulang atau recovery mas. Cuman berhubung windows saya bermasalah dan terlalu banyak error jadi setelah di partisi saya memutuskan untuk install ulang