Tuesday, November 29, 2005

Menghibur Anak-Anak Panti Asuhan….

Kali ini saya akan berbagi pengalaman saat mengunjungi sebuah panti asuhan untuk anak2 usia balita yang terletak di Cipayung. Ini merupakan kali kedua saya mengunjungi panti asuhan anak2 usia balita. Kunjungan saya yang pertama ketika Saya masih duduk di bangku SD akan tetapi tempatnya tidak di Cipayung tapi di Bandung.

Dengan keinginan dan semangat yang amat kuat sekali dari dalam diriku ini akhirnya saya memutuskan untuk pergi hari Jumat kemaren tanpa di temanin oleh teman atau orang lain, sendirian pergi kesana, gak tahu ingin pergi liat anak2 itu dengan tujuan memberikan perhatian, kasih sayang dan menghibur anak2 panti asuhan. Alhamdulillah, dengan niat yang tulus dan ikhlas, Allah memberikan petunjuk dimana tempatnya dengan sangat mudah, walaupun saya sempet nyasar2 ke panti lain, yang kebetulan sangat banyak sekali panti di daerah Cipayung.

Sesampainya di sana, jalan masuk yang seperti bangsal rumah sakit, bangunan warna putih, disebelah kanan dan kiri terdapat ruangan tidur anak2 dan tempat bermain anak-anak dengan lingkungan panti yang bagi saya amat bagus, bersih, dan luas. Saya menuju ruangan untuk anak umur 4 bulan sampai 1,5 tahun. Ketika saya membuka pintu sudah langsung disambut oleh anak perempuan yang cantik dan manis yang langsung minta di gendong...whuoaa kaget banget kok langsung mau sama saya. Wah seneng banget deh langsung saya gendong, lalu saya sambil mengendong anak itu (yang kebetulan namanya sama dengan keponakan saya Nadya), saya melihat2 anak-anak yang lain yang kebetulan ada beberapa orang Jepang disana yang sedang main dengan anak2 itu, lalu ada yang lagi disuapin oleh Ibu pengasuh panti.

Kondisi anak2 disana sangat terawat, sehat, bersih sekali, pokoknya beda sekali kondisinya dengan panti yang pernah saya pernah kunjungi dulu. Lalu saya mendekati seorang anak laki2 yang berada di dalam boks, lalu tiba2 dia langsung minta digendong juga, walah saya bingung dong harus gimana masak dua2 saya gendong, lalu saya membujuk Nadya untuk gantian dgn yang lain, awalnya dia menangis ketika saya turunkan tapi enggak lama dia mau juga dilepas. Lalu saya gendong anak laki yang saya tahu dari Ibu pengasuh namanya adalah Dian. Dian lagi enggak enak badan saat itu, ketika saya masih gendong Nadya tadi saya liat dia muntah2. Saya peluk dia dengan penuh kasih sayang, maunya di gendong tidak mau dipangku, yah mungkin lagi enggak enak badan, dan tahu enggak tiba2 dia panggil saya ‘Mama’, huaah bingung dong harus bilang apa… Enggak lama dia tertidur dalam gendongan saya dan saya memutuskan untuk menaruhnya diatas tempat tidur.

Setelah itu saya kembali didekati oleh Nadya yang kembali maunya digendong dan tak mau dilepas… yah boleh sayang, saya seneng banget, lalu saya ajak dia liat salah satu anak yang karena penyakitnya (saya enggak tahu dia sakit apa) hanya bisa terbaring di boksnya dan tidak bisa bermain seperti temen2nya yang lain, sedih banget liatnya… Ketika Nadya asyik main sama temannya, lalu saya dekati dan menggendong anak yang baru berumur 5 bulan, dan saya dikasih tahu sama Ibu pengasuh bahwa dia dititip sementara oleh pihak Depsos karena kasus perdagangan anak. Ya Allah saya langsung sedih sekali mendengarnya, padahal anaknya itu guanteng sekali deh, lucu banget… Kebetulan anak itu lagi seneng2nya merangkak jadi saya biarkan dia merangkak. Lalu saya lihat lagi anak lain yang sangat anteng sekali bermain di dalam boks sendirian, saya dekati lalu dia terseyum, wah seneng saya balas dengan seyuman, lalu minta digendong lalu saya gendong..lalu enggak lama saya taruh lagi di boks, eh dia enggak mau malah nangis2, yah saya gak tega dan saya gendong lagi dan dia kembali seneng dan tertawa lucu…seneng sekali deh dan jadi sayang…

Gak lama saya liat seorang anak perempuan kira2 berumur 5-6 bulan yang sedang tengkurep, saya dekati dia, lucu sekali, terbilang sangat sehat dibanding anak2 yang seumuran dia, dan saya gendong, wah berat yah, tapi enggak apa seneng banget…trus saya taruh lagi ditempat tidur..dan dia tertidur gitu deh, dan tanpa saya sadari, saya udah sejam lebih disitu…dan memutuskan untuk pulang… ehh kok masih betah yah, :P, langsung saya peluk deh anak itu lagi, saya tidak mau tinggalin, disayang dan dicium, pokoknya masih betah bgt….tapi waktunya saya harus pulang…hiks..hikss….

Dua hal yang paling berkesan bagi saya yaitu saat anak2 balita itu ditaruh di boks lalu mereka nangis minta digendong lagi dan saat mereka bilang Mama ketika saya gendong, whoaaa.. rasanya apa yah, terharu, seneng, sayang banget… Akan tetapi saya sendiri sekarang ini hanya bisa menyumbang perhatian dan dorongan kasih sayang dan belum bisa memberikan yang lebih dari itu, dan semoga anak-anak itu seneng yah saya berikan kasih sayang dan perhatian yang tulus dan ikhlas....

Itulah ttg pengalaman saya, dan Insya Allah kalau saya ada waktu luang ingin ke panti lagi melihat mereka, memberikan kasih sayang dan menghibur mereka, setiap 2 mingguan deh..tapi kok sekarang aja udah pengen kesana lagi yah….ehmmm aku jadi sayang banget sama mereka semua yah….;) Semoga saya bisa selalu mengujungin mereka dan dapat memberikan apa yang mereka butuhkan saat ini…amin…

5 comments:

Mala FDM said...

amalia: Semoga klo lagi main ke Jakarta loe punya waktu main ke sana yah...seneng banget deh pasti...thanks for your support...

Agusset: Mas, saya sendiri sangat terharu sekali liat anak2..Allah kasih jalan, dan sangat mudah..Alhamdulillah

Nilondo: Trauma mungkin yah, cuman sepertinya mereka2 ada yang statusnya dititip karena orang tua yang tidak mampu mengurus anaknya jadi dititipin disana...dan ada juga yang 100% ditinggal orang tuanya dan siap diadopsi..
Klo mereka udah enggak Balita mereka dipindah ke panti anak-anak yang ada disekitarnya....

Buat semua : Sungguh saya sampai nangis baca semua comment temen 2yang menulis disini...enggak nyangka aja semua ini...terharu bgt..

Anonymous said...

mala...aku speechless...:((

banyak2 doa buat mereka..semoga dimudahkan Allah jalan mereka...ya Allah gak kebayang, semuda mereka dengan cobaan begitu besar..

manggil2 mama...aduhhh... ;((

itu panti asuhan tunas bangsa bukan mala??

semoga Allah yang balas semua kebaikan mala..sering2 ya mala..anak2 itu pasti seneng sekali..

semoga kita bisa bantu yang lebih buat mereka ya...yok mala yok...ada ide??


-ari-

Mala FDM said...

Mbak Ari: Wah saya enggak liat jelas planknya mbak..mungkin Tunas Bangsa yah..nanti deh dilihat lagi...
Insya Allah saya sering kesana klo saya ada waktu luang yah....
Hayo saya lempar nih buat temen2 yang lain ada ide apa buat anak2 yg cantik2 dan ganteng2 itu....?

Saptomo said...

wah mbak mala care banget...daku sampai terharu membacanya...
tapi hebat euy bener2 atas keinginan sendiri dateng ke panti asuhan gitu..
salut deh!! :-)

Mala FDM said...

Mbak Ari: Iya itu Panti Asuhan tunas Bangsa.

Saptomo: ini merupakan pengalaman saya yang paling berkesan dan sangat terharu sekali liat anak2 Balita itu...