Saturday, November 26, 2005

Usaha Dulu Deh Yah…

Kemaren siang gw dapat sms dari temen yang sekarang lagi nyusun skripsi.Pas gw baca smsnya pertama2 sih met lebaran gitu, lalu setelah tulisan Minal dll, dia nulis lagi mau tanya ttg ’Kegiatan Internal dalam meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan’ setelah baca tulisan terakhir dia, gw langsung duhh, hayah!!.

Sebenarnya gw mau aja ngasih tahu jawabannya apa dan ada di buku mana, dll. Gw dengan seneng hati mau bantuin temen, gw bantu mereka sebisa gw, klo gw enggak tahu gw langsung bilang enggak bisa. Cuman untuk kali ini, ehmm hello, girl ? gw gak bales tuh sms dia, gak deh,klo gw kasih tahu, gw jadi gak ngedidik dia banget!!.

Alasan gw karena ini suatu hal yang paling penting untuk dikuasai dan sering DIBAHAS waktu kuliah ttg Internal RelationS, udah banyak buku di perpustakaan yang membahas ttg ini, pokoknya banyak banget deh referensinya. Lagian pula dia pasti udah PKL (Praktek Kerja Lapangan), tentunya dia harus tahu. Kita itu disuruh bikin laporan dan didalam laporan itu juga terdapat hal yang bisa menjawab pertanyaan dia, ada di bagian INTERNAL RELATIONS juga!!!.Jadi gak ada alasan dia enggak tahu atau apalah yah!!!. Gw jadi teringat waktu bikin laporan PKL diudek2 ama Dosen Pembimbing disuruh nyari teori2 baru, disuruh baca buku itu, suruh tambah ini, suruh tambah itu, ampe kepala gw udah hampir pecah. BTW, Makasih yah Bu Mery buat didikannya....bermanfaat banget deh!.

Gw heran banget, masak untuk hal yang paling penting dalam skripsinya, dia gak tahu, dia nanya seperti itu udah pasti banget merupakan bagian dari judulnya dan gw yakin banget dia nanya seperti ini buat ditaruh BAB 2 yaitu ttg landasan teori, pasti bukan untuk BAB 3 ato malah BAB 4. Gw gak mau kasih tahu karena dia sungguh sangat keterlaluan sekali, hal yang dia angkat sebagai judul skripsinya aja dia enggak bisa tahu. Seharusnya dia sebelum nyusun BAB-BAB dia udah bisa ancang2 teori apa yang berkaitan judul, dengan metode penelitian seperti apa yang ingin dia gunakan dlm skripsi dia, usw, usw. Gw kalo ngasih tahu, jadi gak ngedidik temen, tapi malah bikin dia maunya dikasih tahu mulu dan gak ngajarin dia untuk usaha baca buku2 di perpus yang banyak banget ttg Public Relations apalagi ttg kegiatan internal dan loyalitas karyawan.

Gw cuman mikir, ehmm gimana dia yah klo pas sidang skripsi nanti, bisa enggak dia menjawab pertanyaan si penguji, klo dia modalnya nanya mulu sama temen yang tahu, dan dia enggak sama sekali mau berusaha mencari tahu sendiri, selain itu dia juga udah PERNAH BELAJAR DAN DIAJARIN DOSEN yang berkaitan dgn hal yang jadi pertanyaan dia. Jadi enggak ada alasan dia gak tahu, atau gak pernah denger atau apalah, salah sendiri ahh!! Iya kalo udah dikasih tahu ma gw, lalu dia cari tahu sendiri lagi yang lain buat melengkapi dengan apa yang telah gw kasih tahu, itu masih mendingan tapi klo dia gak mau usaha lagi, yah percuma aja. Lain halnya klo dia nanya kegiatan lain dari yang udah dia ketahui sebelumnya, untuk melengkapi, gw masih mau bantu deh, tapi sepertinya dia sama sekali dia enggak tahu sama sekali. Buat temenku ini, sorry banget yah klo gw gak jawab pertanyaan itu, tapi semua itu buat kebaikan loe, loe harus usaha dulu.....

7 comments:

Mala FDM said...

Agusset: Mas saya udah bilang bukan enggak mau, mau banget, seneng banget malah berbagi ilmu yang saya punya ke orang lain...seneng banget dan saya tahu jawabannya. Tapi, bitte ini pertanyaan sederhana yang bisa didapatkan di buku2 PR, udah banyak diulas di perpus.... dan dia bukan kali pertama nanya sama saya,udah sering dan saya selalu bantu dia, saya kasih tahu ada dimana dan apa....

Saptomo said...

oooh,
jadi ga enak. soalnya saya sering tanya2 hehehehehe...

Anonymous said...

"nyindir gue yach :<.."
hahaha... kidding'

eh..yang nyanyi more than word..expresi dia nyanyi lucu juga yah....
+boleh ketawa nggak?+

Mala FDM said...

Saptomo: wah, jangan jadi enggak enak lha, gak ada maksud kok beneran... Sesuatu itu harus dilihat dulu, klo yah memang ada tememn yang bertanya dan memang harus ngasih tahu, gak ada salahnya, tapi seperti gw cerita itu, ada saaat harus menolah demi kebaikan orang lain khan...pokoknya semua itu dilihat dari sikon aja...

Ni Londo: makasih commentnya yah, dan apa yang ditulis kamu sepanjang itu memang bener sekali dan saya sangat setuju sekali dan seperti itulah kira2 maksud saya menulis seperti itu. Gak ada salahnya khan klo Aku sebagai temen juga kepingin liat temen aku maju.

Rahma: Gak ada maksud gw menyindir kok, beneran, dan kapan2 boleh tanya kok sama gw, jangan pernah ragu untuk tanya yah.....

Yang nyanyi itu khan si Frankie J yang juga nyanyi Obsesion... itulah yangbikin gw suka banget sama penyanyi maca gini, lucu banget...
boleh kok ketawa...tidak dilarang..;)

Mala FDM said...

Gw setuju bgt, memang usaha itu harus deh untuk hal apapun... tanpa ada usaha kayaknya semua yang kita inginkan itu belum tentu bisa tercapai sesuai dengan keinginan kita.....

putri said...

Kalau menurut pengalaman sbg mahasiswa dan pengamatan sbg dosen (ceilee... gaya :p), belajar tuh paling enak emang ama teman, egal gampang atau susah, udah usaha atau belum, pokoknya paling enak/gampang nanya teman. Penjelasan dari teman pun biasanya lebih jelas, mudah diterima, dan sedikit 'diasah' infonya berdasarkan pengalaman dia. So... warum nicht zu anworten?

Mala FDM said...

Iya sih mbak, kalo kita belajar dari temen itu lebih enak, cuman saya selalu menanamkan dalam diri sendiri untuk coba berusaha dulu....