Thursday, October 06, 2005

Ngabuburit

Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda, artinya melakukan kegiatan sambil menunggu saatnya berbuka puasa dan tujuannya supaya puasa kita tidak terasa terlalu lama. Ngabuburit dilakukan sekitar 1-2 jam sebelum waktu berbuka puasa. Ngabuburit tidak mengenal batas umur, dapat dilakukan oleh orang tua, anak muda sampai anak-anak. Di Indonesia, ngabuburit ini lebih banyak digunakan oleh anak-anak remaja.

Kegiatan yang dapat dilakukan ketika ngabuburit sangat banyak sekali. Misalnya mendengarkan ceramah dari para Ulama baik secara langsung (di Masjid dan tempat2 lainnya) maupun tidak langsung (melalui media elektronik seperti TV atau Radio), dan ada yg hanya sekedar jalan2 sambil mencari makanan untuk berbuka puasa, olahraga dan banyak kegiatan ngabuburit lainnya.

Salah satu ngabuburit yang dapat memberikan manfaat yang besar adalah ceramah Ramadhan baik dari Mesjid maupun melalui Media. Mendengarkan ceramah yang melalui media, merupakan pilihan yang paling banyak diminati, selain lebih enak dan juga lebih hemat. Kualitas ceramahnya juga bisa dikatakan sama dengan mendengarkan ceramah di Masjid-masjid. Topik yang dibahas juga beragam, dan selalu dikemas dengan sangat menarik dan selalu disertakan kuis-kuis yang berhadiah, sehingga acara ngabuburit menjadi tidak membosankan dan menyenangkan.

2 comments:

Anonymous said...

wah...
klo sekarang2 gw sich kaga sempet ngabuburit. soalnya kuliah ama kegiatan2 kampus suka overlap ama adzan maghrib...
jadi ya...
tidak usah ngebuburit lagi heheheheheh

Mala FDM said...

enak dong masih ada kuliah dan kegiatan kampus, jadi udah enggak perlu bingung cari ngabbuburit lagi...Lha kalo gw bingung lagi mau ngabuburit ap yah nanti sore??.... ;-)