Wednesday, February 01, 2006

Tennis dan Badminton

Sejak gw 6 tahun, gw sudah mulai tertarik olahraga tennis karena gw sering liat bokap main tennis. Setelah melihat gw tertarik banget sama tennis, akhirnya bokap memutuskan untuk menyarikan pelatih tennis buat gw. Gw seneng banget pas denger bokap akan mencarikan pelatih tennis buat gw. Gw diajarkan mulai dari cara memegang raket tennis, posisi kaki saat memukul dan lain sebagainya. Ada dua teknik pukulan tennis, forehand dan backhand. Pelatih yang ngajarin gw, agak sedikit kesulitan soalnya gw itu kidal. Posisi tangan saat mengayun raket membutuhkan ekstra tenaga, soalnya posisi tangan itu harus lurus banget gak boleh bengkok dan tidak boleh juga ketekuk tidak seperti Badminton (juga diulas dibawah).

Di hari tidak latihan gw suka belajar sendiri melalui dinding lapangan atau klo di rumah, bola tennisnya digantung lalu gw main pukulan2, biasanya buat belajar kekuatan tangan agar lebih kuat dan stabil. Dulu pernah disuruh masuk club tennis di Bandung, tapi bokap gak ngasih gw untuk jadi atlet, jadi yah cuman main gitu bisa sama bokap atau ngajak temen yang bisa atau yah sama pelatih aja. So cita2 jadi altet tennis cuman tinggal khayalan, hiks..hiks..:(

Pernah suatu saat, gw latihan sama anak buah bokap yang cukup jago banget, entah mengapa hari itu pukulan gw itu cukup bagus banget, sampai tak kuat anak buah bokap sangking kencang gw mukul :D. Gw sering nonton pertandingan tennis baik dewasa maupun junior.Gw juga pernah main di lapangan pasir, dimana kecepatan bola itu lebih lambat dibandingkan lapangan semen yang lebih cepat dan memerlukan tenaga ekstra kuat. Pukulan yang paling gw suka itu spin, udah pasti bakalan gw abat abis, apalagi klo dapat bola atas, wah kesempatan smash.. itu moment pukulan yang tidak boleh dilewatkan :D. Main tennis terakhir itu tahun 2001 sejak udah mulai sibuk kuliah dan tidak ada lagi waktu main jadi sudah semakin jarang main sehingga sampai sekarang gw sudah tidak pernah lagi latihan atau malah pemanasan doang..hiks..

Sedangkan badminton itu lebih mudah dibandingkan tennis yang tidak terlalu memerlukan tenaga ekstra kuat. Cara pegang raketnya juga berbeda sekali dengan tennis, tidak harus lurus dan tidak juga memerlukan posisi kaki khusus. Gw bisa main Badminton setelah gw udah belajar tennis, otomatis pukulannya juga lebih keren badminton..LOL ;)..pukulan2 badminton gw lebih tajam dan menantang banget ;P.

Sama seperti di tennis gw pernah ditawarin masuk club atau sekolah badminton biar jadi atlet, dan lagi2 gak boleh..hiks..padahal pemain kidal (cewek pula) lebih keren dan lebih jago khan :D. Pernah waktu kuliah, diajakin temen, gw ngetest pukulan badminton gw, eh kok udah gak bisa lagi seperti dulu dengan pukulan tajam gw dan sangat membunuh banget..;). Awalnya gw agak heran juga kok udah enggak bisa lagi yah, setelah dipikir2 jelas ajalah gw udah lama banget enggak main..

Nah akhir2 ini gw jadi sering main lagi, klo lagi di tempat kakak atau ke tempat Om atau tante gw. Seperti kemaren lagi ngumpul di rumah tante gw, dan ada banyak sepupu. Gw ajakin main badminton aja..hihihi..kalah tuh sepupu gw dikasih serangan tajam2, apalagi om gw pas gw ajakin, Tante gw nonton juga tuh, liat kita main, dia bilang “Parah banget pukulannya tipis dan sangat tajam banget”. Om gw kalang kabut ngebalesnya..bulak balik tak tahan menangkal bola dari gw..LOL..

Pukulan badminton gw justru lebih bagus dibanding tennis, mungkin karena lebih ringan, trus juga terbiasa tennis dengan kekuatan ekstra full, jadi efek di badminton lebih bagus lagi.
Nyokap dan kakak2 gw, klo gw lagi main badminton, sering bilang gini “Tangannya jangan tennis dong..bener2 diayun..jangan lurus”. Hihihi, Gw udah sulit banget merubah kebiasaan tennis gw itu, udah kebiasaan sehingga kebawa terus saat main badminton. Dan terkadang karena biasa tennis, kadang bolanya enggak kena ama raket, bolong gitu..hiks..itu karena cara pegang raket dan jarak antara bola dan raket di tennis selalu gw pakai, padahal di badminton tidak perlu tangan lurus serta ayunan full….hihihi udah kebiasaan tuh susah..tapi gw seneng dgn bisa tennis, badminton gw juga jadi bagus…:D

1 comment:

Ahmad Anshariy said...

wahaha...asik juga tuh maen tenis, kalau aku lebih akrab dengan badminton, tapi sekarang juga lagi belajar maen tenis, ternyata susah juga ya, walaupun dulu waktu smp sering maen tenis. sekarang dah kuliah lupa lagi teknik mukulnya, barangkali situ bisa ajarin aku tekniknya....