Friday, December 16, 2005

Mobil Rumput

Gambar dibawah ini saya peroleh dari majalah National Geographic Indonesia. Awalnya saya hanya mau lihat2 aja, tapi lama2 tertarik dengan isi yang disertakan gambar yang bagus dan keren banget. Salah satu gambar yang menarik perhatian saya dan membaca ulasannya sedikit adalah tentang mobil rumput yang menggunakan Biofuel sebagai bahan bakarnya.


Mobil ini milik Jacques Chiron dari Corvallis, Oregon ditutupi oleh karpet mirip rumput dengan minyak nabati. Biofuel seperti biodeiesel dan etanol dibuat dari lemak, jagung, dan sumber organic lainnya.

Michael Pacheco, Director of National Bioenergy Center (NBC) mengatakan Etanol, biogas, dan biodiesel merupakan bahan bakar yang mudah dibakar seperi minyak bumi atau gas tetapi terbuat dari tumbuh-tumbuhan.

Biofuel adalah bahan bakar paling mudah sebagai pengganti system bahan bakar yang ada sekarang. Dimana etanol yang diproduksi dari jagung dan ada juga yang dari tebu. Sedangkan biodiesel dari minyak nabati yang dibakar, murni atau dicampur dengan diesel biasa, dapat dipakai pada mesin diesel standar.