Friday, December 23, 2005

Anak2 Panti Update

Horeee, gw ke Panti lagi dong…setelah dua minggu udah enggak kesana lagi, kangen banget sama anak2 itu. Ini merupakan kali ketiga gw ke panti lagi. Sekarang sudah dilengkapi dengan foto anak2 panti, tapi maaf banget yah klo fotonya agak gak jelas, soalnya diambil lewat handphone yang resolusinya agak kurang bagus.

Sampai sana kira2 pukul 10.30an, pas masuk ruangan, ada yang lagi tidur, ada tamu yang lagi ngajak bermain. Yang bangun cuman Hendrik, gw langsung gendong Hendrik. Aduh kangen banget, dan seperti biasa dia ngomong mama, ehmm itu yang bikin hatiku jadi terharu sekali. Oyaa Hendrik potong rambut pas terakhir ketemu rambutnya kayak landak tapi sekarang udah cepak lagi. Doi paling seneng klo gw gendong trus dinaikin keatas truss pegang2 mainan, dia ketawa kesenengan…

Hendrik minta dituruni dan belum apa2 Dian mengejar2 gw minta digendong. Gw gendong Dian sambil diajak main, gw paling seneng kalo gelitikin Dian, wuah pasti dia ketawa kesenengan, seneng banget bisa bikin Dian seneng. Akhirnya kita mainan bertiga, main kejer-kejeran ama Hendrik.
Udah capek lari2an Dian dipangku gw, Hendrik ngejer2 gw, mau ikutan di pangku. Dian marah, gak boleh sambil pukul2 Hendrik. Gw bilang dua2nya boleh dipangku... seneng kok mangku dua2nya...;). Gw foto2an sama Dian sedangkan Hendrik lagi disuapin makan. Sedih juga belum bisa bisa foto berdua sama Hendrik, Nadya dan anak2 yang lain, soalnya pas mau foto udah kena warning sama para perawat untuk tidak mengendong anak lagi saat jam tidur...semoga kapan2 bisa, amin.

Akhirnya setelah 30 menitan Nadia bangun, langsung disapa sama gw, aloo sayang..apakabar? duh kuangen berat sama dia, gw inget terus. Gw langsung menghapiri Nadia, dan langsung deh reaksinya berdiri di boks langsung minta di gendong.
Gw gendong dan memberikan pelukan hangatku ke dia, menciumnya, sayang sekali deh sama Nadia. Sama seperti Dian dan Hendrik, Nadia juga suka diangkat ke atas truss pegang mainan seperti pesawat2, bintang dll.

Gak lama Nadia mau makan, eh pas diturunin, lalu dia duduk eh mungkin enggak sengaja kesenggol Dian, Nadia gubrak kepalanya kebentur lantai, dan nangis, langsung gw sayang2 kepalanya, sedih liatnya klo dia nangis....

Biasanya habis makan, semuanya langsung dibersihin, gw gendong Hendrik lagi, eh gak lama pengasuhnya bilang, mbak tolong di taruh yah, aduh masih kangen nih..tapi yah terpaksa harus ditaruh lagi ke boks, dan tahu enggak Hendrik nangis, aduh sedih sekali, gak lama Nadya juga ikut2an...aduh sedih, maaf ya sayang udah enggak boleh. Berduaan tuh nangis2, dan karena udah gak boleh lagi, terpaksa dibiarin aja, biar mereka istirahat

Sekarang udah tidak ada Nurul (udah di adopsi), Andre (anak yang dititip sementara oleh Depsos) yang kemungkkinan udah bersama orang tua kandungnya lagi, Luki yang juga sudah di adopsi, pokoknya jadi berkurang anak2nya. Alhamdulillah, akhirnya mereka bisa punya orang tua yang sayang, yang bisa memberikan perhatian penuh, dan punya keluarga yang selama ini mereka inginkan, gw seneng banget pas denger kabar mereka bisa berkumpul sama keluarga mereka yang baru. Karena enggak bisa lagi pegang Nadia, Hendrik dan Dian, jadinya yang bisa di pegang cuman yang ada di tempat tidur, salah satunya Roro. Sekarang Roro udah mulai bisa senyum, terus udah mulai banyak gerak, klo tengkurep gak diem aja, udah bisa angkat kepala, seneng liatnya dan gw pangku2. Dia belum kuat banget kepalanya jadi gendongnya juga masih ati2 banget...seperti biasa gw mengusahakan kalo mengendongnya kepalanya selalu tegak sehingga dia dapat lihat sekelilingnya jadi gak hanya bisa lihat gw tapi bisa lihat yang lain juga.

Perhatian gw beralih ketika ngelihat anak yang dipostingan terdahulu gw bilang anak itu sakit, dan tidak bisa bermain seperti anak2 yang lain. Namanya Ulfa, tahu enggak umurnya ternyata udah 2 tahun, dia lemas dan bisanya hanya tiduran diatas tempat tidur. Gw menghampirinya yang lagi minum susu pakai selang, waktu gw pertama kesana dia masih bisa pakai botol. Pas ngelihat, gw jadi inget pengalaman pribadi yang tidak bisa minum ASI dari lahir sampai 4 bulanan sehingga terpaksa menggunakan selang buat bisa minum susu, ehmmm sedih banget. Yah tahu deh perasaan gw gimana melihat Ulfa, pengalaman pribadi soalnya. Lalu gw ngobrol2 sama perawatnya, kenapa sekarang pake selang kemaren2 bisa pakai botol. Katanya berat badannya kurang sekali. Bayangkan anak umur 2 tahun beratnya cuman 6 kg, jadi biar gemuk harus digituin. Tahu enggak pas susunya mengalir lewat selang gitu, kedua tangannya mengempal sambil menahan rasa sakit saat menelan susu dan kadang suka batuk2, duh, kasian banget gak tega banget liatnya. Kesakitan menelan susu yang dialirkan lewat hidung, perih banget pasti, kira2 gw dulu yah seperti itu :((. Pokoknya gak tega deh liatnya.....semoga dia selalu dirawat dengan baik yah di panti, sambil gw pegangin dia, sabar yah sayang......

6 comments:

Diana said...

tErsenTuh juga ngELiat & baca cErita iNi...
mEngGugah & mEnyaYat haTi..
kOk ada ya... oRang Tua y6 tEga nGeBuang anak yang dah diKandungNya sLama 9 bULan...
saLut uNtuk oRang2 y9 mau mEngaSuh mEreka...
dan sETeLah baCa itu, jadi pEngen bErkUnJung jUga...
dEngan cERita ini mUdah2an biSa ngaJak kiTa2 unTuk pEduli & mAu bErBagi dEngan mEreka...

Mala FDM said...

Diana: ok deh, nanti klo gw mau kesana gw kasih tahu....Yuk ya yuk...
Mudah2an rencana kita dgn KBAF dapat direalisasikan....

Mala FDM said...

Amalia : Alhamdulillah, Atas izin Allah, aku dapat mengunjungin mereka serta dapat menghibur mereka..mudah2an juga aku bisa sering2 kunjungin mereka...

Anonymous said...

panti asuhannya di mana sih Mala?
pengen ngajak adek2ku yang masih kecil ke sana, supaya pergaulannya lebih luas.

kalau di deket rumah papahku ada panti asuhan, tapi anaknya sudah besar2 (remaja) jadi waktu adekku (umur 5 dan 3) diajak ke sana nggak bisa main.

Mala FDM said...

Inga: panti asuhannya ada di Cipayung, Panti Asuhan Tunas Bangsa. Khusus untuk anak2 balita..

Mala FDM said...

Ni Londo:Katanya sih penyakitnya Ulfa itu sekitar Otak deh, gak tahu nama jelas penyakitnya apaan....