Saturday, July 09, 2005

Seberapa pentingkah blog bagi PR ?
Blog merupakan sebuah media yang pemiliknya memaparkan pengalaman pribadinya, mencatatkan apa yang ditemuinya, menginformasikan apa yang diketahuinya baik itu dalam bentuk tulisan, gambar atau foto, bahkan yang terkini dengan suara (audio). Bila dikaitkan dengan media PR, maka blog dapat dijadikan sebagai media baru bagi PR. PR dapat memanfaatkan blog adalah untuk memeberikan informasi mengenai berbagai hal penting dalam perusahaan yang dapat diketahui secara langsung tidak hanya diperuntukan bagi pers akan tetapi juga untuk publik lain dari perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Blog bagi praktisi PR dapat di buat, di atur dengan sangat mudah dan sangat efektif sekali menjadi media alternatif untuk menunjang tugas PR dalam perusahaan. Sehingga PR dapat mendistribusikan informasi yang aktual, informasi yang berkualitas bagi publiknya, serta isu-isu yang hangat dibicarakan. Siapapun yang kerja dalam bidang komunikasi butuh untuk „embrace this change“.

Selain itu juga blog bagi PR dapat memberikan suatu sentuhan yang personal bagi perusahaan dan dapat membangun sebuah hubungan dengan pihak lain. Blog PR juga memberikan peluang bagi perusahaan untuk menunjukan keberadaannya secara nyata untuk melayani kliennya serta mengembangkan hubungan dengan berbagai macam publik dan para stakeholder. Kemudian dari pada itu dengan keberadaan blog bagi PR tidak sekedar sebagai media memberikan informasi, tetapi dengan blog, PR juga dapat menganalisis trend terhadap suatu produk, melakukan diskusi terhadap suatu topik tertentu dan membangun publik untuk berargumentasi secara kritis. Jadi blog bagi PR amatlah penting karena dapat membantu perusahaan berinteraksi secara langsung dengan para publiknya dalam sebuah pembicaraan yang aktual.

So setelah tahu pentingnya blog bagi PR… Let’s make a Blog!!! Siapa tahu nanti kalau kerja bisa ngebuat blog bagi perusahaan.

No comments: