Tuesday, January 17, 2006

Ganti Oli Sendiri ?, Why not....

Kakak gw cerita, ada temen kompleksnya, klo ganti oli sendiri. Wuuahhh..hebat dan salut deh. Dia perempuan lho.. trus udah memiliki dua anak. Jadi dulu dia pernah sekolah di Amrik, dimana kehidupan di luar negeri sana itu semua harus dikerjakan sendiri dan gak ada orang yang mau ngebantuin atau apalah, kerjain sendiri aja. Gak seperti di Indonesia yang semuanya masih bidsa dikerjain ama orang, tinggal pergi ke bengkel, bayar dan selesai..yah istilahnya ada duit mah gampang semua, tapi lain klo di luar negeri sana. Dari situlah dia belajar mengganti oli sendiri di rumah, sudah menjadi kebiasaan dikerjakan sendiri dan terus berlanjut sampai sekarang tinggal di Indonesia.

Gw setelah mendengar cerita itu, salut banget dan kepengen banget bisa seperti itu, apalagi di jaman sekarang yang semua serba mahal, yah itung2 menghemat biaya sedikit, jadi uangnya bisa dipakai untuk hal2 yang lain yang berguna. Gw salut dan bangga sekali sama temennya kakak gw ini. Bukan ingin menjadi wanita yang over independent yang segala bisa, tapi dengan kita bisa melakukan itu setidaknya kita sebagai wanita yang mengatur keuangan sendiri, bisa menghemat pengeluaran. Dan tidak ada salahnya menurut gw klo kita bisa mengganti oli sendiri, kita jadi belajar banyak, yang menjadi hal utama pada saat ini adalah penghematan biaya.

Coba kita lihat kehidupan di luar negeri sana, semua dikerjan sendiri, jarang ada orang yang punya pembantu di setiap rumah, yah paling untuk orang yang kaya raya mungkin bisa tapi kalo yang punya uang seadanya mah mana ada, tapi coba lihat di Indo. Hampir setiap rumah pasti punya pembantu..bener gak?( upss rumah gw bebas pembantu lho.. :D). Yang pernah kuliah di luar negeri atau sedang pasti pernah lihat orang sana baik cewek maupun cowok bisa apa aja, bisa benerin mesin, bisa ganti oli sendiri, bisa benerin atap sendiri, bisa ngerjain listrik2, bisa ngebor, dan banyak lagi hayoo ngaku??......

Gw ingin sekali bisa ganti oli sendiri, yah mungkin untuk pertama kalinya harus belajar dari orang yang bisa, dan untuk selanjutnya sendiri. Gw sekarang ini ngurusin mobil sendiri, setiap sebulan gw cuci mesin mobil sendiri, secara berkala ngecek aki mobilnya kurang apa enggak. Pernah mobil gw gak mau hidup (berhubung mobilnya matic, gak bisa di dorong), dan akhirnya gw amplas aja akinya, mungkin kotor jadi tidak bisa mengalirkan magnetik atau gak ada bunga apinya, eh bener aja setelah di amplas bisa hidup..coba bayangkan klo sampai panggil orang untuk benerin mobilnya, pasti ngeluarin uang lagi khan... wuih bangga banget dah, ya iyalah, ngerjain sendiri...gimana bisa klo ganti oli pasti seneng banget...

Menurut gw, pekerjaan apapun yang tidak merugikan tidak ada salahnya dilakukan, toh akan memberikan manfaat banyak buat kita, trus kita bisa jadi tahu lebih banyak, dan bisa menghemat uang. Coba bayangkan juga misal klo mobil kita harus ganti oli atau mogok mendadak, trus di rumah lagi enggak ada laki2 yang bisa ngerjain, padahal ada keluarga yang harus pergi kemana, atau sakit, nah lho..gimana...ya udah terpaksa manggil taksi, atau apalah...tapi dengan kita bisa ngerjain sendiri, kan jauh lebih enak dan bermanfaat, bukan begitu bukan.

So kenapa harus malu untuk ganti oli sendiri? Gak rugi kok, malah bermanfaat klo bisa ngerjain sendiri...

1 comment:

Mala FDM said...

@agusset : diantara susah dan gampang sih Mas, liat aja klo kita ganti oli do bengkel paling hanya butuh beberapa menit aja selesai...klo belum pernah atau masih belajar mungkin masuk kategori susah kali yah...