Friday, January 27, 2006

Ngomongin Hamburg…

Ke Hamburg pertama kali itu tahun 2003, diajakin nyokap buat nemenin Beliau jenguk kakak gw yang suaminya lagi kuliah Doktor Iklim disana. Wah rasanya seneng banget bisa ke luar negeri, untuk pertama kalinya dan saat musim liburan kuliah juga, gak nyangka aja bisa pergi… semoga bisa balik lagi…Amin

Toko pertama yang dikunjungin waktu sampai (udah jetlek pula tapi tetep mau jalan juga :D) : Marktkauf (bener gak yah namanya itu, pokoknya di Wilhelmsburg deh ) seperti Carefour klo disini..luas, komplit, dan nyaman…

Toko elektronik yang terbesar dan selalu sering dikunjungin : Saturn, toko elektronik berlantai 5 (klo tidak salah) tempat favorit dikunjungin ama gw..saat bingung jalan kemana lagi di kota ( bisa sih ke Karstadt, dkk sih cuman kayaknya pewe tuh liat elektronik2)..;)

Hasil explore sendiri : daerah di belakang HBF, Rathaus dan Alster, kayaknya pusat barang2 mahal..jadi cuman ngeliat2 dari luar aja…mau explore lebih jauh takut nyasar…:D

Makanan pertama yang ditawarin dan yang bikin gw kangen terus sampai sekarang dan yang paling aman buat di makan dan cepet kenyang : Doner..LOL …sampai Mas Edvin itu pas gw udah dua hari disana ngajakin mulu, tapi gw yang musti bayar, ehmmm…

Daerah yang paling disuka untuk duduk2 : Alster, wihhh nikmat banget deh....

Taman yang enak buat dikunjungin : satu2nya dan terbesar di Hamburg..Planten un Blumen (iya lagi2 bener gak tulisannya udah lupa dulu sih fasih nulisnya, semoga bener sekarang :P). Ngajakin nyokap ikutan untuk menjelajahi, tapi gak mau, pas liat rekaman gw nyesel katanya…;)

Pasar yang paling seneng di kunjungin dan cuman dua kali doang kesana tapi cukup seneng bisa kesana : Fishmarkt di Landungsbrücken atau di St. Pauli yah..pokoknya daerah situ deh.. klo liat yang dagang seneng deh, gaya nawarinnya itu lho.. sambil teriak semangat...dan harganya murah2. Abis belanja di pasar, bisa naik kapal nyebrang...

Daerah yang paling benci dilewatin : jalan deket Masjid atau sekarang dekat toko Indonesia entah nama jalannya apa, jadi klo disuruh ke masjid lewanya depan Z.B (halte bus) abis udah enek duluan..;)

Petugas yang paling ditakutin: Polizei..hihihi..gak berani berkutik lagi deh gw liat Polizie2 pada berdiri. Sekali tuh di S Bahn Veddel ngerasain diperiksa untung gak sendirian....abis pernah lihat ada orang yang ke tangkep polizei di Hauptbahnhof (Stasiun terbesar di Hamburg, seperti Gambir..bener gak yah?...) dengan muka galak dan sangat beda sekali aksinya dengan polisi2 di Indo....

Pernah ngerasa kelaparan atau kehausan : pernah banget, inget banget keliling di Dammtor nyari2 minuman murah kurang dari 50 cent..karena cuman ada duit segitu2nya..gak nemu2, semua seharga 1 euro lebih.. nekaddd gak bawa duit jalan sendiri :P, padahal sempet ke tempat mbak Rini mau telf rumah kakak gw, cuman gak enak mau bilang minta minum dsb...yah jadi kehausan sampai jam 6 baru bisa naik S bahn untuk pulang.... dan satu lagi pas mau pulang ke Jakarta di airport kelaparan banget, karena udah sibuk packing dan gak ada makan, tanya aja sama Mbak Muti (masih inget gak yah) aku bilang laper banget nih, dan mbak sempet ngajakin nyari makanan tapi udah takut ketinggalan pesawat.. Liat Mbak Rini beli Mc D enak banget pengen minta yah gak enak.. so kelaparan sampai saat transit di Belanda, dan baru makan lagi pas naik pesawat lagi....udah lemes tuch..

Di Hamburg dikenalin sama dua orang Jerman : Andre (Kak Ratna, yang ngajakin liat fireworks tapi gw udah keburu balik, hiks) dan Nilondo ( Ketemu hanya sekali dan kita temenan jarak jauh, sekarang hampir 3 tahun, iya gak Ni?, Keep our friendship yah…)

Daerah yang belum sempet di jelajahin lebih dalam : pokoknya daerah yang bukan daerah sekitar Veddel, HBF, Dammtor deh, berhenti di satu tempat trus jalan aja keliling nanti naik kereta lagi di mana, khan sambung menyambung tuh.. jadi bisa naik S1, S2, U1, U2,U3, padahal bisa lhoo..cuman tiket gw itu katanya terbatas, jadi yah bisanya disitu2 aja. Coba klo tidak dibatasin, wah bisa kemana2 sendirian..hihihihi...Uda gw, suka takut klo gw udah pergi sendirian gak jelas..apalagi klo ampe ketangkep Polizie (untung gak pernah)... panik abiss doi...hihihihi

Daerah terakhir di jelajahin : kawasan dekat Alster kesana deh( yang ada patung Sapi2), entah namanya apa..ehm sayang gak dari pertama tahu..coba tahu duluan udah kesana duluan, tanpa harus tunggu kakak gw segala...

Pengalaman misterius : Di Veddel pas lagi tidur tiba2 seperti kerasa nyekik gw (bisa sekedar mimpi, bisa beneran, I don’t know), gw teriak2, disadarin nyokap, udah gak bisa nafas kayak udah mau lewat gitu, gw nangis ..Ini beneran bukan main2, saksi nyokap, Mirai Edela....trusss ditenangin... halah ada apa yah...hanya Allah yang tahu...misterius banget deh...

(ini juga kejadian di Bus saat ke Paris, gak ada yang tahu tuh, nyokap gw sibuk ama cucunya dan kakak gw tidur..gw duduk sendirian lagi tidur juga, sama seperti gitu juga...)ehhm Weird yah…

Pokoknya Hamburg itu sangat berkesan banget, dan tidak dapat dilupakan....semoga gw bisa kesana lagi deh, Amin.....

10 comments:

Anonymous said...

Alster lagi beku Mala... kayak lapangan luas putih bersalju. Tapi keliatannya sih gak beku keras ya, soalnya suka liat bebek-bebek terpeleset, berenang, naik lagi ke es diantara pecahan salju.

Apalagi pagi ini, pemandangan Alster paling indah selama 6 tahun disini. Lapangan putih salju dengan sinar matahari yang cerah sampai sore. Subhanallah

Anonymous said...

polizie sama ama polisi nggak..kok bisa nangkap kalo nggak ngapa2in
..ejaan nya sama nggak ama kita....
...
dicekik...
ada penampakan kali mala.....

Mala FDM said...

@ Purti: Suhbanallah Mbak, enggak bisa ngebayangin deh, orang tidak musim saljua saja, Alster itu cuantik banget, apalagi sekarang lagi musim dingin disana, pasti betah deh liat ALster lama, duduk disekitar sana, sambil kasih makan bebek2 disana...pokoknya klo ke Hamburg itu ke Alster deh..gak bakalan nyesel..

@Rahma: Polizie itu sama dengan polisi..ya enggak lah klo salah aja di tangkep, kalo enggak yah enggak bakalan ditangkep, cuman kan kita klo pendatang suka juga takut salah2 trus ke tangkep, beda dong Indo sama Jerman sistem keamanannya..bener enggak apalagi waktu gw kesana lagi sering isu teroris gitu, jadi segala kemungkinan bisa terjadi aja.. ejaanya beda klo polizei itu po-li-cai.. z itu ganti c dan ei itu ganti jadi ai..gitu sih kata yang ngasih tahu gw..gimana yang ngerti bahasa Jerman bener gak yah..?? mohon koreksi klo saya salah yah..

wah gw enggak tahu deh ada penampakan atau cuman perasaan gw aja gitu..percaya apa enggak juga sih...halah enggak tau deh..cuman itu keingetan aja sampai sekarang...dua kali di Jerman ngerasain itu tapi yah semua yah gw gak tahu deh...

Anonymous said...

hihi.. pantesan tahun lalu mas Edvin sempat nanyain ke kita pernah ngalami gitu nggak dirumah ini? Saya jawab gak pernah... kayaknya asyik-asyik aja :D Ternyata nanya gitu karena Mala pernah ngalami ya?

Mala FDM said...

Wah saya enggak pernah cerita sama mas Edvin, jangan2 dia juga pernah lagi di gituin..walah..hihihi...

Unknown said...

Alster indah bgt ya, jadi pengen ke sana. Dicekik ... pasti lagi ngelamun. Memang di beberapa tempat kita gak boleh ngelamun atau menerawang. Met kenal balik ya.

Mala FDM said...

@tanty:iya Alster itu indah banget, aku tahu informasi ttg Alster sebelum berangkat ke Jerman, hasil browsing, sampai sana tanya2 trus dimana, dan pas lihat wah...indahnya, enak buat duduk deh...
dicekik bukan lagi ngelamun dan menerawang, saya lagi tidur nyenyak, dan tiba2 aja gitu, panik banget tentunya...believe it or not...

Mala FDM said...

@nilondo :Masak kamu belum pernah ke Fishmarkt, udah bertahun2 tinggal disana, sama sekali gak pernah...

Saya belum pernah jalan di daerah kampus, mungkin enak kali yah jalan daerah situ...nanti kapan2 klo saya balik Ke Hamburg lagi ajak jalan2 disana sambil makan apa yang kata kamu ada makanan apa yang isinya khusus2 orang2 vegetarian, lamachun yah, lupa euy, iya ajakin ke daerah sana...

Aksinya polisi Jerman itu lebih dapat dihargai sebagai polisi, tampangnya itu lhoo tegas dan yah klo kita macem2 dia tindakannya jelas. Tapi klo polisi Indo ada beberapa yang klo dilihat dari jauh aja kurang meyakinkan atau sedikit lembek, apalagi klo udah urusan nego uang...lain sih klo polisinya lagi nangkep orang jahat gitu wah pasang gaya yang sok2 tegas gitu deh klo masuk televisi. Pokoknya polisi Indo dengan polisi Jerman beda banget deh...

Anonymous said...

Makanyaa... jadi PNS trus minta diskolahin ke Hamburg. Beres kan? Hehehehe... Moga2 deh kmu bisa kesana lagi. Amin.

Mala FDM said...

@ Ricorea: hihihi bisa aja, semoga aja deh bisa balik ke Hamburg dengan kuliah disana, Amin.