Thursday, August 25, 2005

Editing Class

Sudah tiga hari di minggu pertama saya mengikuti pelatihan Editing di TVRI (akan selesai tgl 28 Sept 05). Hari demi hari di lalui dengan enjoy dan senang hati... mulai dari Bangun pagi, di jalan juga menikmati perjalanan yang macet total sambil dengerin lagu, sampe di tempat masih ada waktu untuk menarik nafas sedikit sambil ngobrol-ngobrol sama temen seputar editing dan lain sebagainya, masuk pelatihan, sampai saat harus pulang ke rumah..

Dalam kelas editing ini berisi 16 orang, 1 perempuan dan sisanya laki-laki semua..yah bisa tahu deh siapa yang 1 perempuan itu...yap..saya sendiri, karena bagian editing itu biasanya kerjaan anak laki-laki..jadi lebih banyak anak laki di banding anak perempuannya. Awalnya saya sedikit tidak PD dan merasa malu tapi lama kelamaan enak juga jadi putri yang selalu dimanja : ).. selain itu juga karena keadaan inilah saya dipilih jadi ketua suku atau sering di sebut ketua kelas...ehmm males banget cuman gara2 cewek sendirian doang.....jadi ada kerjaan baru setiap pelatihan yaitu ngurusin evaluasi dan berbagai hal lainnya...

Teorinya semakin lama semakin rumit dan susah, jadi harus sering ngulang2 dan banyak belajar..tapi penyakit males muncul terus maklum sudah jarang belajar lagi semenjak lulus, jadinya agak sedikit kagok lagi belajar, semoga hal ini bisa segera di atasi. Hari pertama yang dipelajari tentang proses produksi TV, lalu hari kedua mengenai Sistem Studio TV, dan hari yang ketiga mengenai Peralatan Editing. Kesemuanya menjadi satu kesatuan yang saling berhubungan.

Dulu saya tahu editing itu pas dikasih tahu ama Agusset waktu lagi di Jerman yang juga baru belajar editing saat itu, lalu baru sempet nyoba itu bulan Februari tahun ini, jadi udah bisa sedikit kebayang gimana editing Video, tapi baru sekedar eksperimen sederhana dan pribadi. Maklum belajarnya otodidak..tapi dengan ikut pelatihan ini jadi bisa belajar lebih dalam dan lebih banyak..dan juga bisa jadi modal buat cari kerja lumayan buat nambah keahlian dan keterampilan....

2 comments:

Sumini said...

Terima Kasih Malaa.

Yours are nice to you.

Salam manis dari orang Singapura..

Mala FDM said...

@ Starstuck Sumini : You're welcome sumini....

@agusset : siiiip deh nanti diajarin mas..beres banget dulu khan yang kasih tahu dr mas jadi nanti saya ajarin...

@ni Londo: asyikk mau didatengin ke Veddel..jadi ada yang bayarin ticket dong yahhh...ditunggu tiketnya biar bisa segera ngajar di veddel....;)