Friday, September 09, 2005


Bagi sebagian orang yang tinggal di Jakarta mungkin sudah hafal dengan nama-nama jalan yang ada di Jakarta ini bahkan sampai jalan kecil alias jalan tikus yang dapat dilewati saat macet. Ada terdapat salah satu jalan yang lain dari pada yang lain dan sangat unik. Jalan itu adalah jalan jaksa. Mungkin bagi yang baru mendengar merasa bahwa ini merupakan jalan yang biasa saja dan tidak ada apa-apanya. Akan tetapi jalan ini merupakan jalan yang lain dari pada jalan-jalan yang lain.

Kenapa demikian? Apa yang membedakan dengan jalan lain ?

Dan jawabanya wah tentu beda. Karena di jalan ini selalu disinggahi oleh bule-bule jalanan [bule yang bermodal backpack + Sleeping bag doang], jadi kalau mau cari bule, cari aja di Jl.Jaksa. Banyak orang yang sudah tahu jalan ini sering menyebutnya sebagai tempatnya bule-bule gembel.

Bule-bule gembel disini diartikan sebagai bule-bule yang ada berada di jalan ini tidak menginginkan tinggal di hotel berbintang, dan lebih memilih hidup sederhana di jalan ini. Makanya dibilang sebagai bule gembel karena hidupnya seadanya, yang penting bisa makan dan hidup bersama dengan bule bule lain yang berasal dari berbagai negara. Ada bule yang tinggal disini untuk sementara lalu pergi ke berbagai daerah di Indonesia, dan ada yang tinggal lalu pulang ke negaranya lagi.

Selain itu sekarang ada sinetron yang berjudul jalan jaksa, di siarkan oleh salah satu televisi swasta. Cerita dari sinetron ini mengenai kehidupan di Jl.Jaksa. Saya pernah sekali menonton dan tidak tertarik menonton lagi karena kurang suka sinetron sih...Isinya itu seperti sinetron-sinetron lain..terlalu monoton dan sangat membosankan. Jadi inilah JaBul alias Jalan Bule...:-)

2 comments:

Mala FDM said...

Iya kira2 seperti itu deh...
BTW, Rabu ujian nih, belum ada persiapan..doain aja ok!!

ADER said...

Jika anda Membutuhkan jasa antar ataupun jemput untuk wilayah jakarta pusat, silakan hubungi Kami di 02191011343 - 085691008956. Silahkan jika ada Pertanyaan, saran, dan kritik kirimkan ke : transjaksa@yahoo.co.id

< http://transjaksa.blogspot.com/ >