Friday, September 30, 2005

Pengaruh Kenaikan BBM

Besok hari, Pemerintah akan mengumumkan kebijakan barunya untuk menaikan harga BBM. Inilah isu yang sedang hangat dibicarakan dan semakin mendekati hari Hnya, semakin banyak orang yang melakukan demo besar-besaran untuk menolak kebijakan ini. Kemaren saja jumlah yang mendemo sekitar 14 ribu orang, dan banyak angkutan umum yang tidak beroperasi karena dijalan akan macet total banget dan banyak orang yang enggan untuk tidak pergi ke kantor, kuliah atau keluar rumah. Kenaikan harga BBM ini akan memberikan pengaruh yang sangat signifikan sekali.

Seperti apa kira2 pengaruh kenaikan BBM itu?. Jika BBM itu naik sekitar 50 % kemungkinan harga BBM itu akan menjadi 3400-3600an atau malah menjadi 4000 rupiah, harga sebelumnya cuman 2000an, bisa dilihat kenaikannya sangat tinggi sekali, dan menjadi sangat mahal. Maka akan sangat mempengaruhi banyak hal, seperti harga kebutuhan sehari-hari akan melonjak tinggi, yang paling dapat terlihat pengaruhnya adalah ongkos angkutan, seperti bis dan ojek. Misalnya saya ambil contoh dari ojek saja supaya bisa sedikit memberikan bayangan pengaruhnya. Dulu kalau mau naik ojek sekitar rumah saya merupakan kendaraan yang amat murah sekali karena cuman 500 rupiah saja bisa. Akan tetapi semenjak naik harga BBM dari tahun 1999 sampai sekarang, naik ojek jadi semakin naik dan harganya gila-gilaan, dan enggak kira-kira deh si Abang menaikan harga. Sekarang aja kalau mau naik ojek ke arah TOL harus mengocek kantong sekitar 3000 rupiah, itu sudah sangat mahal sekali. Bisa dibayangkan kalau BBM besok naik 50 %, berapa kenaikan ongkos ojek nanti!!. Bisa sekitar 4500-5500 rupiah. Itu baru dari sisi ongkos ojek belum lagi dari ongkos Bis, belum harga kebutuhan sehari-hari juga akan naik dan akan berpengaruh sekali setelah naiknya BBM. Itulah sedikit gambaran pengaruh apabila kenaikan BBM terjadi...

Sedangkan di Indonesia jumlah orang yang miskin lebih banyak dibanding orang kaya, kalau BBM naik, wah tidak akan terbayangkan, walaupun orang yang tidak mampu akan diberikan bantuan oleh Pemerintah, akankah memberikan sedikit keringanan, atau malah semakin memberatkan dan kacau saja sama seperti orang-orang sering bilang „Yang kaya makin kaya dan yang miskin akan semakin miskin“.

Mungkin ada yang mau menambahakan lagi pengaruh kenaikan harga BBM dari sisi yang lain...atau ada yang setuju dengan kebijakan ini...kalau dari saya, saya tidak setuju sekali dengan kebijakan ini, sangat mencekik leher bila semua harga naik sangat tinggi.

No comments: